Senin, 18 Februari 2013

Cara melatih Otak Kiri

Cara melatih Otak Kiri

Quote:mengoptimalkan kecerdasan pada masa golden years (pada masa kanak-kanak)
MENGOPTIMALKAN KECERDASAN PADA MASA GOLDEN YEARS Pada masa golden years pembenntukan
system saraf secara mendasar sudah terjadi. Pada masa ini , terjadi hubungan antara sel-sel saraf. Pada masa
ini , perkembangan otak terjadi secara keseluruhan pada keempat bagian otak termask pada masing-masig
belahan otak. Belahan inilah yang akan enyipan kemampua-kemampuan anak yang berbeda yakni pada otak
kanan dan otak kiri.Otak kiri berhubungan dengan tangan, kaki, dan tubuh bagian kanan. Otak kiri
mengendalikan aktivitas yang bersifat teraatur, berurutan, rinci, sistematis , misalnya membaca,menulis dan
menghitung. Otak kanan berhubungan dengan tangan , kaki, dan tubuh sebelah kiri. Otak kanan mengendalian
aktivitas yang bersifat berfikir divergen (meluas) , imajinasi, ide-ide, kreativitas, emosi, musik, intuisi,
abstrak,bebas, dan simultan. Oleh karena itu jika menginginkan anak dengan kecerdasan multiple, latihlah
kedua tangan, kaki, mata , telinga kanan dan kiri sama seringnya setiap hari, terutama sampai umur 3 tahun ,
aga otak kanan dan kiri berkembang optimal. Kemampuan ini harus diopimalkan dengan cara stimulasi ,
kebutuhan stimulasi bermain meliputi berbagai permainan yang merangsang semua indera ( pendengaran,
penglihatan, sentuhan, membau, mengecap) merangsang gerakan halus dan kasar, berkomunikasi,
emosi-sosial, kemandirian, berpikir dan berkreasi. Selain stimulasi, nutrisi juga merupakan factor penting, salah
satu nutrisi yang pentingbagi perkembangan otak adalah asam amino. Tirosin ...
Read More
KECERDASAN PADA USIA EMAS
Pada masa golden years pembenntukan system saraf secara mendasar sudah terjadi. Pada masa ini , terjadi
hubungan antara sel-sel saraf. Pada masa ini , perkembangan otak terjadi secara keseluruhan pada keempat
bagian otak termask pada masing-masig belahan otak. Belahan inilah yang akan enyipan
kemampua-kemampuan anak yang berbeda yakni pada otak kanan dan otak kiri.Otak kiri berhubungan dengan
tangan, kaki, dan tubuh bagian kanan. Otak kiri mengendalikan aktivitas yang bersifat teraatur, berurutan, rinci,
sistematis , misalnya membaca,menulis dan menghitung. Otak kanan berhubungan dengan tangan , kaki, dan
tubuh sebelah kiri. Otak kanan mengendalian aktivitas yang bersifat berfikir divergen (meluas) , imajinasi,
ide-ide, kreativitas, emosi, musik, intuisi, abstrak,bebas, dan simultan. Oleh karena itu jika menginginkan anak
dengan kecerdasan multiple, latihlah kedua tangan, kaki, mata , telinga kanan dan kiri sama seringnya setiap
hari, terutama sampai umur 3 tahun , aga otak kanan dan kiri berkembang optimal. Kemampuan ini harus
diopimalkan dengan cara stimulasi , kebutuhan stimulasi bermain meliputi berbagai permainan yang
merangsang semua indera ( pendengaran, penglihatan, sentuhan, membau, mengecap) merangsang gerakan
halus dan kasar, berkomunikasi, emosi-sosial, kemandirian, berpikir dan berkreasi. Selain stimulasi, nutrisi juga
merupakan factor penting, salah satu nutrisi yang pentingbagi perkembangan otak adalah asam amino. Tirosin
dan triptofan merupakan asam amino ...
Read More
MENGENAL KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI
Mengenal Kecerdasan Emosional pada anak usia dini Anak adalah aset yang amat berharga bagi orangtua
sekaligus sebagai investasi nyata di masa mendatang. Setiap anak yang dilahirkan, telah membawa karakter
dan sifatnya sendiri. Termasuk juga telah membawa kecerdasan intelektual yang dikenal sebagai Inteligent
Question dan kecerdasan emosional yang dikenal sebagai Emotional Question. Keduanya akan sanagat
mempengaruhi kepribadian, bahkan dapat juga mempengaruhi keberhasilan atau kegagalannya. Orangtua
bersama para pendidik dan lingkungan memiliki peran yang sangat penting dalam membantu anak
mengembangkan potensi kecerdasan yang dimilikinya tersebut. Kapasitas kecerdasan anak dimulai sejak usia
dini. Jauh di bawah usia sekolah. Hasil penelitian Depdiknas menyebutkan pada usia 4 tahun, kecerdasan anak
mencapai 50 persen. Sedangkan pada usia 8 tahun kapasitas kecerdasan anak yang sudah terbangun
mencapai 80 persen. Kecerdasan baru mencapai 100 persen setelah anak berusia 18. Karena itu, pendidikan
1/2pada usia dini sangat penting untuk membantu anak mengembangkan kecerdasannya. Sayangnya, pendidikan
usia dini justru belum banyak mendapat perhatian banyak pihak. Hasil pendataan Depdiknas tahun 2004, baru
31,4 persen dari 11,5 juta anak usia 0–6 tahun yang mendapat pendidikan. Padahal, pendidikan anak dini usia
merupakan investasi untuk menyiapkan generasi penerus yang sehat, cerdas, dan ceria. Ada persamaan
persepsi di kalangan ahli pendidikan di seluruh dunia


Spoilerfor kalau berkenan:

Spoilerfor boleh juga:

Spoilerfor asal jangan:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar